SMA Ya BAKII 1 Kesugihan

Jalan Kebon Salak Kesugihan Kabupaten Cilacap

Menjadikan Institusi yang Unggul dalam Ilmu dan Luhur dalam Kepribadian Islam Ahlusunah Waljamaah

SOAL USBN 2019

Rabu, 20 Maret 2019 ~ Oleh SUKRINIAM ~ Dilihat 58 Kali

SOAL URIAN

  1. Buatlah ringkasan dari kedua teks tersebut diatas ?

Cara Meringkas yang Baik dan Benar

Teks 1

Sebuah artikel, materi, jurnal, dan bentuk bacaan lainnya tentu terdiri dari paragraf-paragraf tersusun secara terstruktur sehingga membentuk  teks  yang memiliki kesatuan,  keharmonisan, dan kecocokan.   Dalam sebuah paragraf terdiri atas dua bagian diantaranya ialah Paragraf deduktif dan paragraf induktif yang berisi pikiran-pikiran dari seorang penulis.  Sebagian pembaca tidak akan membuang waktunya untuk membaca keseluruhan isi dari tulisan tersebut, apalagi tulisan tersebut sangat panjang dan sulit untuk dipahami. Oleh karena itu, cara yang digunakan untuk menangani masalah tersebut yaitu buatlah ringkasan dari teks atau tulisan. Ringkasan, berasal dari kata dasar “ringkas” memiliki arti pendek, potong, dan pangkas. Kata ringkasan secara harfiah berasal dari bahasa yunani yaitu “percis” artinya memotong atau memangkas. Jadi, Ringkasan secara sempit adalah cara efektif dalam penyajian suatu karangan atau bentuk tulisan lainnya dalam  bentuk singkat

Teks 2

Fungsi Ringkasan adalah untuk mengetahui dan memahami  gagasan utama dan tujuan penulis melalui tulisannya  seperti buku, artikel, dll secara keseluruhan dengan cepat dan singkat. Pembuatan ringkasan harus berdasarkan suatu karangan asli bukan berdasarkan pendapat atau pemikiran pembuat ringkasan. Penulis ringkasan tidak bisa melepaskan dirinya dari kesan asli karangan tersebut. Oleh sebab itu, sebuah ringkasan harus atau wajib mempertahankan setiap bagian-bagian dari sebuah karangan atau bentuk tulisan lainnya tanpa ada kekurangan sedikitpun. Sebuah karangan di pilah dan dipangkas dengan mengambil bagian-bagian pokok  dan membuang hal-hal yang bersifat tambahan atau tidak penting (menemukan pokok permasalahan sebuah tulisan, menyusun kembali dalam tulisan yang ringkas). Pokok permasalahan tersebut bisa ditemukan oleh penulis di setiap pragraf yang memiliki kalimat-kalimat utama.

  1. Sebutkan unsur intrinsik tokoh dan penokohan penggalan novel tersebut diatas ?

Ada Cinta Di SMA

Untuk mengubah keadaan, Iqbal siap bertarung dengan Ayla (Caitlin Halderman) dalam pemilihan ketua OSIS periode terbaru. Sayangnya, keputusan Iqbal mencalonkan diri dicibir banyak pihak. Termasuk oleh Aldi (Alvaro Maldini) yang berpikir bahwa berkompetisi menjadi ketua OSIS merupakan sesuatu yang norak. Setelah melihat keseriusan Iqbal, Aldi akhirnya mendukung sahabatnya itu dan berupaya melakukan apa saja demi menghadapi tim sukses lawan yang dipimpin Tara (Gege Elisa). Di sisi lain, Kiki (Teuku Ryzki) yang telah menyelesaikan masa jabatannya sebagai ketua OSIS periode terdahulu berkeinginan kembali mengejar impiannya yang selama ini ia simpan sendiri, yakni menjadi musisi. Bella (Agatha Chelsea) diam-diam selalu memperhatikan Kiki yang sering menghabiskan waktu sendirian untuk membuat lagu.

  1. Kalimat di dibawa ini merupkan kalimat tidak efektif, perbaiki dengan kalimat efektif!

Saya ini adalah mahasiswa Universitas Gajah Mada, kebetulan saya kontrak rumah di daerah Stasiun Tugu. Jadi untuk pergi kuliah saya harus menggunakan transportasi umum yaitu, Trans Jogja. Selain saya, Banyak para mahasiswa Gajah Mada yang tinggal di daerah Stasiun Tugu yang menggunakan fasilitas Trans Jogja sebagai sarana transportasi

PILIHAN GANDA

 

  1. Cermati kutipan teks berikut!

Satpol PP    :    “Maaf Pak, kami ditugaskan oleh pemerintah akan menggusur wilayah ini.”

Warga         :    “Loh kok, pemerintah tidak memberitahukan informasinya terlebih dahulu bahwa wilayah ini akan digusur.”

Satpol PP    :    “Memang begitu Pak, katanya tidak perlu diberitahukan kepada warga terlebih dahulu. Jadi, sekali lagi maaf ya Pak.”

Warga         :    “Kalau begitu tidak bisa Pak, kami bakalan mencegah semua aktivitas penggusuran, sampai kami mendapatkan tempat tinggal baru yang bisa kami tempati.”

Satpol PP    :    “Oo, ya sudah, kami akan datang kembali jika semua warga sudah mendapatkan tempat tinggal.”

Warga         :    “Oke, terima kasih Pak.”       

 

         Hal yang disepakati dalam kutipan teks dialog tersebut adalah ....

  1. penggusuran wilayah
  2. pemberian tempat tinggal baru
  3. pergantian wilayah/lahan
  4. penundaan penggusuran wilayah
  5. warga menolak penggusuran

                 

  1. Cermati kutipan cerita berikut!

“Tuan seorang anak tunggal obat jerih pelerai demam, tangkai hati mainan mata, tempat bersandar badan payah, haus tempat minta air, lapar tempat minta nasi kepada ayah dan bunda Tuan.” Jangan Tuan banyak bicara tak guna cakap diperpanjang, tak ada orang mendengarkan, elok berkata supaya senang perhatian. Pada pendapat perasaan entah karena hamba bodoh, ke mana intan disuruhkan cahayanya tinggal cemerlang, kilat tak hilang dalam lumpur tak pudar dalam perlembahan.”

                                                                                                     (Cerita Putri Seri Laut)

 

         Kalimat komentar yang menyatakan kelemahan pada kutipan cerita tersebut adalah ...

  1. Cerita Putri Seri Laut tidak mengandung amanat yang berguna untuk pembaca.
  2. Tokoh yang ditampilkan dalam cerita tersebut tidak berwatak sehingga membosankan.
  3. Isi cerita sulit dipahami karena bahasanya sarat dengan ungkapan dan peribahasa.
  4. Cerita Putri Seri Laut menggunakan latar yang tidak mendukung situasi.
  5. Bahasa yang diungkapkan oleh para pelaku sangat tidak tepat strukturnya.

        

 

  1. Bacalah dua teks pantun!

Teks I

Teks 2

Peri tulang di tengah lautan

Letih mencari jalan ke luar

Daripada kita keluyuran

Lebih baik kita belajar

Jalan-jalan ke pasar baru

Beli sepatu buatan Indonesia

Jangan kawan ragu-ragu

Tanya dulu kalau suka

 

         Perbedaan maksud pantun tersebut adalah ....

        

 

Teks pantun 1

Teks pantun 2

A.

Menasihati agar belajar dan jangan bermain.

Mengijinkan seseorang untuk berbuat apa saja.

B.

Mengingatkan bahwa bermain itu merugikan diri.

Melarang seseorang agar tidak mengambil  barang  tanpa ijin.

C.

Menasehati seseorang agar belajar dan melarang keluyuran.

Bila seseorang tampak menyukai sesuatu hendaklah diberikan saja kepada orang tersebut.

D.

Bahwa hidup ini selalu dimanfaatkan untuk menimba ilmu.

Saling memberi sesama adalah perbuatan yang sangat terpuji.

E.

Bermain boleh, tetapi jangan keluyuran ke mana-mana.

Apa yang kita sukai / punyai, berikan kepada orang dengan ikhlas.

 

  1. Cermatilah kalimat-kalimat berikut!

(1) Setelah itu dibilas hingga bersih dengan air biasa.

(2) Perlu diingat, jangan mencuci batik dengan deterjen.

(3) Merawat kain batik agak sulit sebab jika salah rawat warnanya cepat memudar.

(4) Jika diperlukan, gunakan sabun klerak sebagai pengganti deterjen.

(5) Keringkan di tempat yang teduh dan setrika tidak terlalu panas.

(6) Agar warnanya tetap bagus, sebelum kain dicuci, rendam dengan air kelapa selama kurang lebih dua jam.

 

         Urutan kalimat yang tepat agar menjadi paragraf proses yang padu adalah ….

  1. (2), (3), (4), (5), (1), dan (6)
  2. (2), (4), (6), (1), (3), dan (5)
  3. (3), (2), (1), (5), (6), dan (4)
  4. (3), (6), (1), (4), (5), dan (2)
  5. (3), (6), (2), (4), (1), dan (5)

                 

  1. Cermati teks berikut!

Sejak kecil aku gemar menari. Aku sering diajak ayah ke sanggar tarinya. … Di samping itu ayah mengajariku tentang kesabaran dan disiplin dalam hal menari. Karena itu, saya berhasil menjadi salah seorang penari nasional.

 

         Kalimat yang tepat untuk melengkapi paragraf narasi tersebut adalah ...

  1. Tidak jarang ayah mengajariku menari bersama murid-muridnya.
  2. Ayah begitu sayang terhadap anak dan saudaranya.
  3. Ayahku memiliki sifat lembut dan menyayangi sepenuh hati.
  4. Jarang sekali ayah mengungkapkan kekesalan terhadap murid-muridnya.
  5. Murid-murid ayah merasa senang diajari menari dengan penuh perhatian.

 

 

  1. Cermati pernyataan berikut!

(1)   Siapkan blender.

(2)   Masukkan buah strawberi ke dalam blender.

(3)   Masukkan air dan es batu dan gula secukupnya

(4)   Nyalakan blender dan tunggu hingga seluruhnya tercampur.

(5)   Setelah selesai, matikan blender dan tuang jus ke dalam gelas.

(6)   Jus strawberi yang di dalam gelas, siap dihidangkan.

 

         Konjungsi pada kalimat (5) dapat divariasikan dengan konjungsi ....

  1. seketika
  2. jadi
  3. sementara
  4. apabila
  5. selanjutnya

                 

  1. Cermati teks berikut!

Di Indonesia banyak sekali terjadi intervensi sumber daya alam yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Perbuatan tersebut akhirnya menimbulkan kerusakan alam dan kerugian negara dalam jumlah yang sangat besar.

        

         Istilah yang tepat untuk menggantikan istilah yang bercetak miring adalah ....

  1. reboisasi
  2. eksplor
  3. ilegal loging
  4. eksplorasi
  5. eksploitasi

 

  1. Cermati teks berikut!

Lereng atau tebing yang curam akan memperbesar gaya pendorong. Lereng atau tebing tersebut terbentuk sehingga pengikisan oleh air sungai, mata air, air laut, dan angin. Lereng tersebut mudah longsor bahwa  musim hujan dalam keadaan  curah hujan tinggi.

 

         Kata penghubung (konjungsi) yang tepat untuk memperbaiki kata yang bercetak miring pada paragraf tersebut adalah ....

  1. sebab, bahwa
  2. apabila, bahwa
  3. sehingga, karena
  4. karena, ketika
  5. apabila, maka

 

  1. Cermati teks berikut!

(1) Melihat kondisi hutan di Indonesia sangatlah memprihatinkan. (2) Jumlahnya kian hari, kian berkurang. (3) Penebangan liar terjadi di mana-mana. Bak jamur yang tumbuh di musim hujan ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak memikirkan bahayanya di kemudian hari. (4) Contohnya, terjadi di Taman Nasional Leuser yang mengakibatkan korban harta dan korban jiwa. (5) Akibatnya, terjadi banjir dan longsor dimana-mana.

 

         Perbaikan kalimat tidak padu pada nomor (4) yang tepat adalah ...

  1. Mereka hanya mementingkan kepuasan pribadi.
  2. Banyak pengusaha tidak memiliki izin penebangan.
  3. Hutan yang ditebang besar-besaran sangat berbahaya.
  4. Hutan menjadi gundul dan cuaca menjadi panas.
  5. Pemerintah memberikan izin kepada mereka sangat mudah.

 

  1. Cermati teks berikut!

Lahan transmigrasi yang disediakan oleh pemerintah belum siap diolah. Pada lahan tersebut masih banyak bongkahan kayu yang besar-besar. Rumah tempat tinggal para transmigran sangat sederhana. Sarana dan prasarana transportasi sangat tidak memadai. Lokasi transmigrasi jauh dari fasilitas umum, seperti sekolah dan pasar. Oleh karena itu, area transmigrasi sepi sekali.

 

         Kalimat yang tepat untuk memperbaiki simpulan paragraf yang bercetak miring adalah ...

  1. Oleh sebab itu, lahan dan tempat tinggal para transmigran penuh dengan belukar dan rusak karena tidak terawat.
  2. Oleh karena itu, tidak heran kalau para transmigran menjual lahannya untuk kembali lagi ke kampung halamannya.
  3. Dengan demikian, para transmigran tidak dapat mengembangkan lahannya karena kurang tersedianya alat dan pupuk.
  4. Oleh sebab itu, daerah transmigrasi tidak ada penduduknya karena rumahnya tidak sesuai dengan harapan mereka.
  5. Oleh karena itu, anak-anak para transmigran tidak bisa mengenyam pendidikan sehingga mereka meninggalkan daerah tersebut.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Moh. Hasbulloh Maulana S.Pd.I

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut…

Selengkapnya

TAUTAN